Kamis, 15 Januari 2015

Penggunaan Struct pada bahasa pemrograman GO

Bahasa pemrograman Go juga menerapkan paradigma object oriented tetapi bukanlah typeobject oriented programming, karena bahasa pemrograman ini tidak menyediakan kata kunci class. Go memberikan kata kunci struct untuk membuat tipe data baru dan interfacesebagai penjembatan.Oleh karenanya, pengembang tentu dapat menerapkan paradigma object oriented(pemikiran berorientasi obyek) dalam pembuatan aplikasi pada bahasa Go tetapi dengan cara yang sedikit berbeda.Inilah Go, yang mencoba membawa imajinasi pengembang dengan cara lain dalam menghadapi dan menyelesaikan suatumasalah.
Struct yang ada di dalam bahasa Go mirip dengan C, structdi sini lebih luas lagi cakupannya karena tidak hanya mendukung tipe data primitive saja tetapi juga method,tentu sajahal ini dapat terjadi jika dikombinasikan antara struct sebagai tipereceiverpada sebuah method. Pembuatan struct tidaklah sulit, cukup dengan menggunakan kata kunci type <nama_struct> struct { … }. Berikut adalah contoh sederhana dalam membuat struct.
Pembuatan tipe data seperti di atas sangat bermanfaat dalam pengelompokkan data tertentu yang merupakan kumpulan variable atau field.Hal ini dapat membantu programmerterutama yang sudah terbiasa membuat program dengan Java. Perlu diketahui bahwa dalam membuat program di Go tentu saja tidak lepas dari struct ini atau dengan kata lain programmer selalu membutuhkan struct untuk mengatur kode-kode program supaya lebih rapi dan terstruktur. Berikut adalah tampilan hasil program latihan pembuatan struct ketika dijalankan.


 Untuk melihat versi videonya, dapat mengunjungi halaman berikut ini http://youtu.be/x2Nh2ylDRS4

0 komentar:

Posting Komentar