Senin, 26 Januari 2015

Pengenalan Pemrograman GO

Go adalah salah satu bahasa pemrograman baru yang dikembangkan oleh Robert Griesemer (perancang Java HotSpot), Rob Pike (pengembang Plan 9 di laboratorium Bell), Ken Thomson (pengembang bahasa pemrograman B dan perancang UTF-8). Bahasa pemrograman Goinidipelopori oleh Google yangmulai dikerjakan atau tepatnya dituliskandi papan pada tanggal 21 September 2007.
Pada awalnya desain bahasa pemrograman ini hanya dilakukan paruh waktu sambil melakukan pekerjaan lain yang tidak terkait sama sekali dengan pengembangan bahasa pemrograman ini. Pada bulan Januari 2008, Ken mulai mengerjakan sebuah compiler yang digunakan untuk mengeksplorasi berbagai ide, pekerjaan tersebut menghasilkan kode C sebagai output-nya.
Pada pertengahan tahun bahasa pemrograman ini menjadi proyek full-time dan sudah cukup untukmelakukan produksi kompilasi. Pada bulan Mei 2008, Ian Taylor sendiri membuat GCC front untuk Go menggunakan rancangan spesifikasi. Russ Cox bergabung pada akhir 2008 dan membantu memindahkan language dan libraries dari prototypemenjadirealita.Bahasa pemrograman Go menjadisebuah proyek publik open sourcepada bulan November 2009. Tentunya hal ini tidak lepas dari dukukungan berbagai komunitas yang telah memberikan kontribusi berupa ide, diskusi dan kode pada pengembangan program ini.
Go adalah bahasa pemrograman yang ekspresif, ringkas, bersih dan efisien.Saat ini perkembangan perangkat komputer sangat cepat namun tidak diimbangi dengan bahasa pemrograman, banyak programmer yang menemukan kerumitan pada Java atau C++ sehingga harus menuliskan beberapa kode lagi menggunakan Phyton atau JavaScript, disisi lain isu terhadap konsep garbage-collection dan parallel-computation yang belum didukung baik oleh beberapa bahasa pemrograman, termasuk munculnya teknologi multicore yang membuat kekhawatiran dan kebingungan sehingga para pengembang masih mengandalkan dukungan teknologi dari sistem operasi.
Banyak hal yang telah dihasilkan oleh laboratorium Bell dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Di Indonesia sendiri pernah terdengar bahasa pemrograman Nusa yang dari Infokom tools-nya dinamakan Nusaptel. Namun bahasa pemrograman Nusa ini tidak begitu diminati di Indonesia. Semoga dengan kehadiran bahasa pemrograman Go ini banyak hal-hal yang dapat dipelajari dan mungkin dapat melahirkan bahasa pemrograman baru versi Indonesia yang dikompilasi menggunakan bahasa pemrograman Go.

0 komentar:

Posting Komentar