Jumat, 14 November 2014

Tutorial Membuat Aplikasi pemutar musik sederhana berbaasis Android

Halo kawan. Kali ini saya akan membuat tutorial “Membuat Aplikasi pemutar musik sederhana berbaasis Android Menggunakan App Inventor”. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :
1.              Buka web browser dan buka link ini http://ai2.appinventor.mit.edu/
2.              Saat buka halaman tersebut maka, akan diarahkan ke halaman login gmail. Jadi teman-teman harus memiliki account gmail terlebih dahulu, buatlah terlebih dahulu account gmailnya bila belum mempunyai.

3.              Setelah login maka, maka akan muncul tampilan “Welcome to App Inventor”, cukup klik “Continue”.
4.              Buat project baru dengan memilih menu “Project” kemudian button Start new project, beri nama ex: AplikasiMp3.
5.              Berikut ini adalah tampilan lembar kerjanya.

6.              Pilih Button pada Palette – User Interface lalu drag dan drop pada Screen1 sebagai sarana untuk memutar (play) lagu (mp3),  serta pilih button untuk penggunaan background untuk latar belakang aplikasi MP3nya.

7.              Pilih Player pada Palette – Media lalu drag dan drop pada Screen1

8.              Pilih menu properties, untuk merubah nama, ukuran huruf, mengambil mp3, mengambil image dari komputer anda, serta kegunaan lainnya.
9.              Berikut ini adalah tampilan desain aplikasi mp3nya.

10.         Langkah selanjutnya adalah memberi perintah supaya button “klik disini” di klik akan memutarkan sebuah lagu (yang tadi dipilih), caranya adalah memilih menu “designer” pada tampilan lembar kerja sebelah pojok kanan atas.
11.         Selanjutnya adalah mengklik “button1”, pada menu “Blocks – Screen1”, pada tampilan “viewer” pilih yang tipe “klik” (saran), dilanjutkan dengan “player1” dan “image1”, pilih masing – masing fungsi atau kegunaannya, kemudian tempatkan pada lembarkerja “viewer”, pastikan rapih, supaya enak dilihat. Jika sudah selesai semua, kembali lagi menuju menu “Blocks”.

12.         Pilih menu “Connect - Emulator”, kemudian muncul pemberitahuan “wait”, silahkan tunggu sektar 1 menit, sampai muncul tampilan handphone androd.

0 komentar:

Posting Komentar