Selasa, 13 Januari 2015

Penggunaan Fungsi pada pemrograman GO

Salah satu fitur yang unik pada bahasa pemrograman Go adalah fungsi yang dapat memberikan lebih dari satu nilai kembalian (multiple return value). Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Go adalah bahasa program yang memberikan kemudahan dalam menyediakan multiple return value karena tanpa menggunakan bantuan collection atau penggabungan data sebelum di kembalikan (return). Aturan penulisan fungsi dan method pada Go dapat dituliskan sebagai berikut:
___________________________________________________________________________
func (<parameter>,…n) (<type return value>,…n){
     // isi dari fungsi
}
______________________________________________________________
Program diawali dengan kata kunci funclalu diikuti parameter dan jenis return value yang diinginkan. Fungsi yang dijalankan pertama kali oleh Go sebagai fungsi utama adalah func main()tanpa adanya program utama ini makaprogram tidak akan dapat berjalan danhanya dapat dikompilasi sebagai library saja.Untuk lebih jelasnya, silahkan mengamati dan lakukan percobaan program berikut ini.

Pembuatan fungsi tentu saja dimaksudkan untuk menangani suatu kegiatan yang sering berulang-ulang dengan cara mengelompokkannya pada bagian tertentu. Selain itu fungsi juga digunakan untuk mempermudah programmer dalam mengembangkan kode program yang tertata rapi sesuai dengan bagian dan tugasnya masing-masing. Aplikasi yang besar atau kompleks tentu saja membutuhkan fungsi sebagai kunci utama dalam menghindari kesimpang siuran tatanan baris kode program. Apabila diperhatikan dengan saksama maka sebenarnya func di atas apabila dikombinasikan dengan kondisi if maka dapat dimanfaatkan juga untuk melakukan validasi pada kasus-kasus tertentu. Berikut hasil programnya ketika dijalankan.

Atau bisa dilihat pada link berikut ini http://youtu.be/nbfJu0i6V4Q

0 komentar:

Posting Komentar