Kamis, 15 Januari 2015

Penggunaan Map pada Pemrograman GO

     Map adalah sebuah collection yang mempunyai pasangan key-value dalam mengakses data yang terdapat di dalamnya. Map pada umumnya digunakan sebagai dictionary, menyimpan konfigurasi tertentu maupun data atau informasi yang diperlukan dengan memberikan indentitas yang lebih eksplisit sebagai penanda untuk mempermudah programmer untukmengolah data atau informasi yang terkandung di dalamnya.
package main
import "fmt"
func main() {
     bank_soal := make(map[string]string)  // map[key]value
     bank_soal["s1"] = "Presiden RI 1 adalah..."
     bank_soal["s1a"] = "Soekarno"
     bank_soal["s1b"] = "Soeharto"
     bank_soal["s1c"] = "BJ Habibie"
     bank_soal["s1d"] = "Gusdur"
     bank_soal["s1e"] = "Surya"
     bank_soal["s1jawaban"] = "s1a"
     delete(bank_soal,"s1e") // menghapus elemen
     fmt.Println("Length Bank Soal :", len(bank_soal))
     fmt.Println(bank_soal)
     for k, v := range bank_soal {
          fmt.Printf("\nKey: %v, Val: %v", k, v)
     }
     if soal1, ok := bank_soal["s1"]; ok {
          fmt.Println("\n\nSoal : ", soal1, "\nStatus : ", ok)
     }
     soal2, ok := bank_soal["s2"]
     fmt.Println("\nSoal : ", soal2, "\nStatus : ", ok)
}
 Perhatika kode di atas dengan saksama!Disana terdapat sebuah variabelbank_soal,yang manakey dan value-nya ditetapkan dalam bentuk string. Jika ada seratus soal yang akan dimuat ke dalam map tersebut maka key (s1sn) ditetapkan untuk menyimpan soalnya, (s*a, s*b,s*n) untuk menyimpan pilihan jawaban, (s*jawaban) untuk menyimpan jawaban dengan mengacu pada suatu key yang ditetapkan.
Pada kasus di atas terdapat satu kesalahan yang seharusnya tidak ada di dalam daftaryaitu s1e, oleh sebab itu elemen tersebut dapat dihapus dengan memanggil perintah delete(bank_soal,"s1e"), untuk mengetahui berapa banyak elemen yang terdapat di dalam map maka dapat menggunakan perintah len(bank_soal, sedangkan untuk memeriksa apakah terdapat key di dalam map, maka dapat langsung mengakses key yang akan diperiksa misalnya bank_soal["s1"] yang akan mengembalikan return valueganda berupa data dan status.Jika tidak ada key yang terdapat di dalam map maka statusnya akan bernilai false.Hasil program pembuatan map di atas dapat dilihat pada gambar berikut.

Berikut ini adalah link videonya, http://youtu.be/FtQpxdjGKB8

0 komentar:

Posting Komentar