Senin, 27 Oktober 2014

Proposal Tugas Akhir : TKJMD WEB PROFILE

PROPOSAL TUGAS AKHIR
PEMBELAJARAN BAHASA  PEMROGRAMAN GO
“ TKJMD WEB PROFILE “





kelompok
Eka Surya Gumilang
M. Aryo Wicaksono
M. Sufi



program alih jengang D3 ke D4
jurusan TKJMD
kerjasama ITB dan SEAMOLEC
2014s




1.                  LATAR BELAKANG
Teknologi informasi saat ini semakin berkembang khususnya Internet merupakan teknologi yang memiliki cakupan sangat luas. Sebelum teknologi berkembang, dahulu untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan atau instansi pendidikan hanya mengandalkan informasi dari surat kabar dan bertanya kepada instansi terkait dengan proses lama dan tidak up-to-date. Salah satunya informasi program pendidikan alih jengang D3 ke D4 jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Media Digital (TKJMD) kerjasamaInstitut Teknologi Bandung (ITB) dan SEAMOLEC masih sulit didapatkan, selama 9 tahun program pendidikan ini berlangsung masyarakat hanya mendapatkan informasi tersebut berupa poster yang berisikan informasi pendaftaran saja. Namun untuk informasi tentang pendidikannya masih kurang, mereka lebih banyak mencari informasi tersebut dengan bertanya langsung kepada instansi terkait dam para mahasiswa dan alumni lulusan alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC.
Untuk memanfatkan teknologi informasi khususnya internet, pada angkatan ke delapan program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC website khusus angakatan 8 baru dibuat yang berisikan informasi tentang  profil instansi, kegiatan mahasiswa, dan data mahasiswa. Tahun 2014 ini untuk angkatan ke sembilan juga akan membuat website yang sama yaitu khusus angkatan sembilan saja. Jadi setiap angkatan akan ada website baru yang dibuat khusus setiap angkatan, hal tersebut tidak efisien, dan menyulitkan masyarakat.Agar informasi tersebut dapat efisien maka harus ada satu sistem informasi mengelola informasi tersebut dengan terpadu.
Oleh karena untuk menunjang keperluan tersebutitu kami mengajukan proposal Tugas Akhir pembelajaran Pemrograman Bahasa GO untuk membangun sistem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC berbasis WEB menggunakan HTML5 dan program menggunakan bahasa pemrograman GO. Web tersebut berisikan informasi tentang profil instansi terkait, agenda kegiatan mahasiswa seluruh angkatan, materi pembelajaran, data mahasiswa aktif dan data alumni mahasiswa.



2.                  PERUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah yang akan menjadi acuan dalam penyelesaikan tugas akhir yaitu:
1.      Bagaimana membangaun sistem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC berbasis WEB ?
2.      Apakah sistem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC berbasis WEB dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi?.


3.                  TUJUAN
Tujuan dari penyelesaikan tugas akhir ini yaitu:
1.      dapat membangun istem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC berbasis WEB.
2.      Mengetahui sistem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC berbasis WEB dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi.


4.                  BATASAN MASALAH
Batasan masalah dari tugas akhir ini yaitu:
1.      Informasi hanya tentang program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC,
2.      Sistem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC menggunakan HTML 5.






5.                  TAMPILAN WEB

Gambar tampilan web


6.                  DESKRIPSI SISTEM
Dalam sistem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC memiliki berapa submenu dan informasi masing masing yaitu:
1.      Beranda
Pada menu beranda memberikan seluruh informasi yang ada di sistem informasi program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC.
2.      Profil
Pada menu profil memberikan informasi instansi, struktur oraganisai, prestasi, dan kontak instansi.
3.      Agenda kegiatan mahasiswa
Pada menu agenda kegiatan mahasiswa memberikan informasi seluruh kegiatan mahasiswa berupa cerita, galeri foto dan testimony para mahasiswa..
4.      Materi pembelajaran
Pada menu materi pembelajaran memberikan informasi materi pembelajaran yang diterapkan dalamprogram alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC.
5.      Data mahasiswa
Pada menu data mahasiswa memberikan informasi data mahasiswa aktif dan alumni mahasiswa program alih jengang D3 ke D4 jurusan TKJMD kerjasama ITB dan SEAMOLEC berupa data diri dan alamat blog masing masing.

7.                  DATAR REFERENSI
1.      http://sea8.com/
2.      http://hasanwijaya766hi.blogspot.com/2013/10/proposal-sistem-informasi-manajemen.html


0 komentar:

Posting Komentar