Rabu, 18 Februari 2015

Membahas mengenai pemrograman C

Minggu ini saya baru masuk perkuliahan pemrograman C, sebelumnya saya belum pernah mempelajari mengenai pemrograman C. Berikut ini sedikit catatan saya mengenai pemrograman C, yang baru saja saya pelajari. Semoga dapat memberi pengetahuan lebih kepada anda.

Sejarah Bahasa C
Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL-Basic Combine Programming Language (dikembangkan sejak th. 1967). Pada tahun 1970, Ken Thompson mengembangkan bahasa B.  Bahasa C pertama kali digunakan pada komputer Digital Equipment Corporation (DEC) PDP-11 yang menggunakan s.o UNIX. Standar Bahasa C yang asli adalah standar dari UNIX. ANSI (American National Standards Institute) membentuk suatu komite (ANSI committee X3J11) pada tahun 1983 yang kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C.
Struktur program bahasa C :


Compile dan Linking
Sebelum program C dapat dijalankan, harus di compile dan di linking terlebih dahulu. Compile adalah proses menterjemahkan seluruh program ke dalam bahasa mesin. Linking adalah proses untuk menggabungkan beberapa file program hasil kompilasi.


Tipe data adalah sekumpulan data dengan karakteristik tertentu

Konstanta
Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses program berlangsung. Konstanta nilainya selalu tetap. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu di awal program. Konstanta dapat bernilai integer, pecahan, karakter dan string.

Variable
Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variabel bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Aturan untuk identifier


Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf.  Bahasa C bersifat case-sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Jadi antara nim, NIM dan Nim dianggap berbeda. Tidak boleh mengandung spasi. Tidak boleh mengandung simbol - simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore). Yang termasuk symbol khusus yang tidak diperbolehkan antara lain : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, = dsb. Panjangnya bebas, tetapi hanya 32 karakter pertama yang digunakan. Contoh penamaan variabel yang benar : NIM, a, x, nama_mhs, f3098, f4, nilai, budi, dsb. Contoh penamaan variabel yang salah : %nilai_mahasiswa, 80mahasiswa, rata-rata, ada spasi, penting!, dsb.

0 komentar:

Posting Komentar